Sunday, May 23, 2010

Definisi KTSP

Definisi KTSP

KTSP merupakan kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dan tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan KTSP, kalender pendidikan, silabus.

KTSP juga merupakan batu loncatan kemajuan pendidikan. Dengan kebijakan baru ini, sekolah bisa membuat silabus, kurikulum. dan indikator-indikatornya sendiri. Mesti menentukan silahusnya sendiri namun standar kompetensi dan isinya harus sesuai dengan yang telab ditetapkan pemerintah.

KTSP merupakan pengembangan dan penyempurnaan dan kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2004 (KBK), yang dikembangkan oleb satuan pendidikan berdasarkan standar isi (SI), dan standar Kompetensi Lululsan (SKL) yang terdapat pada KBK.

KTSP  salah satu bentuk realisasi kebijakan, desentralisasi di bidang pendidikan agar kurikulum benar-benar sesuai dengan kebutuhan pengembangan potensi peserta didik di sekolah yang bersangkutan di masa sekarang dan yang akan dating dengan mempertimbangkan kepentingan lokal, nasional, dan tuntutan global dengan semangat Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).

Sumber: http://wordpress.com/2008/04/29/apl ikasi-kbk-dan-ktsp-smp/