Sunday, February 21, 2010

Definisi Email

Pengertian Email

Email adalah singkatan dari Electronic Mail atau jika dalam bahasa Indonesia adalah surat elektronik. Sebenarnya email merupakan singkatan dari "Electronic mail".Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet. Seperti layaknya surat biasa pada umumnya, email berfungsi untuk mengirimkan surat atau pesan kepada orang lain. Perbedaan antara surat bisa dengan email adalah email sudah tidak lagi membutuhkan kertas sebagai media untuk menuliskan pesan, media yang di gunakan adalah berupa Data digital yang di kirimkan melalui internet.

Saat ini ISP yang menyediakan layanan pembuatan email secara gratis adalah yahoo.com, plasa.com, gmail.com (ini yang populer).Sebagai contoh kita membuat email melalui yahoo.com. Langkah-lagkahnya sebagai berikut : 
1. Kita buka program intertnet explorer 
2. Kita membuka default yahoo.com 
3. Untuk membuat email baru secara gratis kita klik "Sign Up" 
4. Setelah muncul formulir pendaftaran email, kita isi formulir tersebut secara lengkap 
5. Jangan lupa kita harus menuliskan yahoo id dan password untuk pengamanan email kita 
6. Selain itu kita harus menuliskan verifikasi email 
7. Beri tanda centang pada pernyataan " I Agree" 
8. Klik "Submit" 
9. Tunggu beberapa saat kita akan mendapat pesan selamat datang dari yahoo Melalui langkah-langkah di atas kita sudah dapat memiliki sebuah email secara gratis dan mudah.Dalam mengirim email kita dapat melampirkan file-file yang kita butuhkan.

Referensi:

http://earthspikezone.blogspot.com/2008/01/pengertian-e-mail.html
http://www.mandalawangi89.co.cc/2009/09/pengertian-email.html