Monday, February 8, 2010

Pengertian Fungsi

Pengertian  Fungsi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2003;332) fungsi didefinisikan sebagai:
1 Jabatan (pekerjaan) yang dilakukan
2. Kegunaan suatu hal
Berdasarkan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa fungsi memiliki arti pekerjaan dan pola perilaku yang dihrapkan dalam manajemen dan ditentukan berdasarkan status yang ada padanya.

M.E. Spiro dalam Koentjaraningrat (1990:18) menyatakan ada tiga fungsi dari unsur-unsur kebudayaan, yakni: 1) pemakaian yang menerangkan fungsi sebagai hubungan guna antara suatu hal dengan tujuan tertentu; 2) pemakaian yang menerangkan kaitan korelasi antara satu hal dengan yang lain; 3) pemakaian yang menerangkan hubungan yang terjadi antara satu hal dengan hal-hal lain dalam suatu sistem yang terintegrasi.

Contohnya bahasa memiliki fungsi-fungsi tertentu yang digunakan berdasarkan  daerah, menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi dengan  tujuan tertentu. Contoh fungsi bahasa sebagai alat kontrol sosial yang sangat mudah kita lakukan antara sesama manusia. Contoh klasifikasi Ilmu Pengetahuan yang sederhana sedangkan  Tujuan Ilmu - mencari kebenaran ilmu tertentu secara ilmiah. Fungsi pengembangan ilmu sistem penulisan ilmiah menghasilkan sesuatu yang dapat diamati dan disaksikan.

Contoh. Adakah dan seberapa kaitan antara jumlah penduduk (X) dengan jumlah. fungsi satu peubah, serta contoh-contoh penerapannya. Jadi nilai dari suatu hal yang ditentukan oleh X tadi juga berubah.

Contoh dalam suatu kegiatan pembelajaran, seorang instruktur atau guru dalam berinteraksi dengan murid. Dalam fungsi pengaruh berarti memasukan unsur-unsur yang meyakinkan, sebagai suatu sistem harus berintegrasi dalam satu total kesatuan yang terorganisasi. Jadi suatu bagian dari suatu organisma yang berubah, menyebabjan perubahan dari berbagai bagian lain, malahan sering menyebabkan perubahan dalam seluruh organisma.